Keren !!! 9 Motif Batik Yang Paling Populer Sampai Sekarang

Keren !!! 9 Motif Batik Yang Paling Populer Sampai Sekarang

Batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu “amba” yang berarti “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik”, sehingga apabila digabungkan kurang lebih bermakna “menulis titik-titik.” Batik merupakan seni lukis menggunakan kain bergambar yang memiliki pola dan cara pembuatan khusus dengan menuliskan atau menempelkan zat malam/lilin pada kain tersebut, yang dilanjutkan dengan pengolahan dengan cara tertentu yang khas.

Hampir setiap daerah di Nusantara mempunyai warisan seni membatik yang mempunyai motif berbeda di masing - masing daerah. Sehingga UNESCO menetapkan Batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober 2009.

Berikut 9 motif batik yang populer di Indonesia yang dilansir gaul.id dari satujam.com

 


1. Batik Solo
Ciri khas batik dari solo yang sering disebut juga sebagai batik sogan adalah warna motifnya yang berwarna kecokelatan. Filosofi motif batik Solo adalah gelombang-gelombang sungai bengawan solo yang membawa ketenangan.
Batik Solo Ciri khas batik dari solo yang sering disebut juga sebagai batik sogan adalah warna motifnya yang berwarna kecokelatan. Filosofi motif batik Solo adalah gelombang-gelombang sungai bengawan solo yang membawa ketenangan.
2. Batik Kawung
Batik Kawung merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Motif kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung alias buah aren.
Batik Kawung Batik Kawung merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Motif kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung alias buah aren.
3. Batik Jepara
Motif batik Jepara bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu motif lama dan motif baru. Motif batik jepara lama memiliki pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan lainnya. Sedangkan batik baru Jepara adalah batik tulis yang banyak variasinya. Batik Jepara sendiri juga terkenal dengan sebutan Batik kartini.
Batik Jepara Motif batik Jepara bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu motif lama dan motif baru. Motif batik jepara lama memiliki pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan lainnya. Sedangkan batik baru Jepara adalah batik tulis yang banyak variasinya. Batik Jepara sendiri juga terkenal dengan sebutan Batik kartini.
4. Batik Malang
Batik malang terkenal dengan motif batiknya yang cenderung cerah, seperti memiliki warna dasar biru kemudian di timpa dengan warna putih, kemudian bahan berwarna putih di timpa dengan merah.Rata-rata batik Malangan ini berpola tanaman atau simbol-simbol kota Malang seperti candi-candi yang ada di dalamnya.
Batik Malang Batik malang terkenal dengan motif batiknya yang cenderung cerah, seperti memiliki warna dasar biru kemudian di timpa dengan warna putih, kemudian bahan berwarna putih di timpa dengan merah.Rata-rata batik Malangan ini berpola tanaman atau simbol-simbol kota Malang seperti candi-candi yang ada di dalamnya.
5. Batik Mega Mendung
Batik mega mendung mempunyai ciri khas pola berbentuk awan dengan diberi warna yang gelap seperti biru tua, merah tua, hijau tua dan sebagainya.
Batik Mega Mendung Batik mega mendung mempunyai ciri khas pola berbentuk awan dengan diberi warna yang gelap seperti biru tua, merah tua, hijau tua dan sebagainya.
6. Batik Pekalongan
Batik Pekalongan mempunyai ciri motif bentuk-bentuk fauna, namun kebanyakan tetap didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan.
Batik Pekalongan Batik Pekalongan mempunyai ciri motif bentuk-bentuk fauna, namun kebanyakan tetap didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan.
7. Batik Sekar Jagat
Beberapa orang menafsirkan bahwa motif yang berbentuk seperti pulau-pulau ini maksudnya adalah sesuai namanya, yaitu sekar jagad. Dalam bahasa Jawa, “kar jagad” memiliki arti peta dunia.
Batik Sekar Jagat Beberapa orang menafsirkan bahwa motif yang berbentuk seperti pulau-pulau ini maksudnya adalah sesuai namanya, yaitu sekar jagad. Dalam bahasa Jawa, “kar jagad” memiliki arti peta dunia.
8. Batik Sidomukti
Makna dan filosofi dari motif batik sidomukti ini adalah harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir batin.
Batik Sidomukti Makna dan filosofi dari motif batik sidomukti ini adalah harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir batin.
9. Batik Tasik
Batik-batik yang berasal dari Tasikmalaya ini umumnya berbentuk rerumputan, fauna dan hal-hal yang berkaitan dengan alam. Sedangkan pewarnaannya, kebanyakan berwarna biru, merah padam dan coklat.
Batik Tasik Batik-batik yang berasal dari Tasikmalaya ini umumnya berbentuk rerumputan, fauna dan hal-hal yang berkaitan dengan alam. Sedangkan pewarnaannya, kebanyakan berwarna biru, merah padam dan coklat.